Jumat, 17 Mei 2013

Modem USB FLASHDISK


Secara gamblang, modem USB Flashdisk itu adalah modem mini, ukurannya rata-rata hanya sebesar flashdisk. Lazimnya modem itu ukurannya agak besar. Apalagi modem eksternal untuk komputer. Tapi Modem USB Flashdisk, sesuai namanya, memang sengaja dirancang dengan ukuran kecil, sehingga gampang untuk dibawa kemana-mana. Karena fungsi modem USB Flashdisk pada mulanya memang untuk keperluan internet mobile. Mengakses internet dalam kondisi yang berpindah-pindah atau kondisi sementara. Misalnya anda pergi ke suatu tempat yang tidak ada internet. Tapi anda butuh online. Maka anda bisa langsung mencolokkan Modem USB pada laptop anda, walaupun kenyataannya, akhirnya banyak penggila internet justru menjadikan Modem USB ini sebagai modem tetap untuk mengakses internet dirumah dan dimana pun.

Apakah itu salah?
Asal kualitas modem USBnya mendukung kenapa tidak. Karena sebagian modem USB ada yang cepat panas bila digunakan melebihi kemampuannya. Dan jika sudah panas, kecepatan loadingnya menjadi menurun, bahkan sebagian modem USB langsung mati.

Tapi itu juga tidak mutlak. Karena faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet dengan menggunakan Modem USB sangat banyak. Mulai dari kualitas Modem USB itu sendiri, kartu yang digunakan, lokasi menggunakannya, setting komputer atau laptop pengguna, dan juga kondisi jaringan dan server dari situs yang diakses.

Bberikut pengalaman saya pribadi selama menggunakan modem USB Flashdisk.

Kelebihan Modem USB Flashdisk:

1. Ukuran kecil dan sangat gampang dibawa kemana pun.
Bahkan bisa anda bawa ke planet lain.

2. Selain bisa memilih jenis kartu yang anda inginkan, anda juga bisa bebas menggunakan paket internet perhari, perminggu atau perbulan, sesuai kemampuan keuangan anda.

3. Anda bisa menggunakannya untuk pindah-pindah PC atau laptop. Anda tinggal colokkan Modem USB Flasdisk kemudian menginstall dirvernya, yang prosesnya sangat simple. Dengan kata lain, anda pun juga bisa saling pinjam meminjam dengan teman. Atau saling gonta ganti modem USB.

4. Tidak direpotkan dengan segala urusan pendaftaran dan biaya rutin seperti jika anda menggunakan Speedy dan provider swasta. Karena anda bisa mengisi pulsanya kapan anda inginkan. Bahkan jika anda lagi bokek, anda bisa biarkan begitu saja. Dan jika anda ingin menggunakannya kembali, anda tinggal isi pulsa kembali berapa anda mau.


Kekurangan Modem USB Flshdisk:

1. Karena deviece atau perangkat keras dari Modem USB ini kecil, maka kemampuan dan daya tahannya juga terbatas, tidak setangguh modem laptop dan PC. Sehingga pada sebagain modem cendrung cepat panas. Dan jika sudah terlalu panas, maka kecepatan loading internetnya juga cendrung menuurun.

2. Karena cara kerja Modem USB sama dengan HP, yaitu sangat bergantung pada sinyal, maka posisi anda online sangat mempengaruhi. Jika dilokasi anda jauh atau bahkan belum tersedia tower dari kartu (pulsa) yang anda gunakan, maka aksesnya juga menjadi lambat, bahkan bisa tidak ada jaringan sama sekali.

3. Sesuai dengan fungsinya sebagai mobile, maka secara default kemampuan modem tidak semaksimal menggunakan internet dengan menyewa sebuah provider dengan pilihan bandwidth yang sangat bervariasi. Akibatnya akses anda ke internet menjadi sangat terbatas. Misalnya tidak bisa membuka sebuah situs yang halamannya berat, tidak bisa mendownload file-file besar. Kecuali jika anda menggunakan paket bandwidh yang juga besar. Dan itu harganya menjadi sama dengan anda menyewa koneksi jaringan internet dengan Speedy dan provider swasta.

4. Selanjutnya keputusan terserah anda. Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi jika anda ingin tahu keputusan saya, saya menggunkan keduanya. Baik menyewa pada sebuah provider tetap perbulan, maupun menggunakan modem USB Flashdisk. Dirumah, saya online menggunakan jaringan internet tetap sewa perbulan, sedang ketika saya keluar rumah, misalnya pulang mudik, keluar kota dan seterusnya, saya menggunakan Modem USB. Artinya Modem USB bagi saya hanya sebagai senjata cadangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar